Monday 18 May 2015

Isi Kegiatan Keluarga di Akhir Minggu dengan Pergi ke Museum



Bingung ke mana berakhir pekan dengan keluarga? Cobalah ajak anak Anda ke museum. Di Museum Nasional, selain Anda melihat berbagai artefak, Anda pun juga bisa mengikuti berbagai acara yang sudah dipersiapkan khusus untuk buah hati Anda.

Intan Mardiana, Kepala Museum Nasional mengatakan, sejak 2014, sudah ada program Akhir Pekan @Museum Nasional di museum yang terletak di Jalan Medan Merdeka Barat itu.

"Kegiatan akhir pekan @Museum Nasional adalah satu program tahunan yang telah memasuki tahun keduanya. Dengan menangkat tema dari artefak pilihan, pengunjung dapat menambah pengetahun sejarah dan fakta-fakta dibalik artefak yang ada di Museum Nasional," katanya.

Kegiatan ini memanfaatkan momen Car Free Day yang diberlakukan setiap Minggu. "Kita membuka 3x pertunjukan pada hari Minggu, yakni pukul 09.30, 10.30, dan 11.30. Jam-jam segitu diberlakukan karena kami yakini masih banyak orang yang melewati museum ini dari momen CFD," kata Intan.

Sudah rutin kegiatan akhir pekan di museum ini diselenggarakan. Setelah bulan lalu menyelenggarakan teater musikal dengan mengangkat tema legenda Asmat, akhir Mei nanti pun teater rakyat dengan tema petualangan Ken Arok akan turut dilaksanakan

Diakui Intan, anak-anak memang menyenangi sesuatu yang cerlang-cerling, terang, dan megah. Karena hal itulah, terpikir sesuatu untuk membuat berbagai program demi menumbuhkan minat mereka agar gemar mengunjungi museum. Tak hanya anak, tapi juga berbagai tingkat usia.

Selain itu, Museum Nasional juga membuat area khusus anak-anak berkarya dan bermain. Tempat ini dinamakan Kid's Corner. Diakui Intan, pendidikan dan rasa cinta terhada budaya Indonesia sepatutnya sudah ditanamkan sedari kecil.

"Tempat ini sudah ada sejak Agustus lalu. Kid's Corner ini dilengkapi dengan 5 stan, yakni stan mewarnai dan menggambar, stan alat musik tradisional, stan permainan tradisional, stan membatik dan stan lukis. Di sini, anak-anak bisa langsung menuangkan kreativitss mereka pada media yang disediakan," kata Intan.

Kegiatan ini pun secara tidak langsung bisa meningkatkan minat kunjungan dan apresiasi masyarakat terhadap koleksi budaya museum serta kecintaan terhadap keberadaan Museum Nasional. Ini terbukti dari rata-rata pengunjung yang bertambah signifikan tiap tahunnya. Jika sebelum tahun 2014 pengunjung yang hadir sebanyak 200.000, pada 2014 melonjak menjadi 245.000.

"Jumlah pengunjung yang datang saat ini menunjukkan kenaika dengan adanya gagasan program tersebut. Di sini kita melihat program tersebut ternyata memang diminati masyarakat," katanya.

Dengan diberikannya program-program itu, ia pun mengharapkan kepada para orang tua agar turut menumbuhkan rasa gemar ke museum sejak anak masih kecil. Ini dilakukan supaya anak mereka bisa menjadi anak Indonesia dan tahu peradaban Indonesia sejak kecil. Karena hal seperti ini tidak bisa ditemukan di tempat lain, melainkan di museum.

"Kekayaan bangsa bisa dilihat di museum. Untuk itu, tanamlah cinta budaya dan nasionalisme pada buah hati Anda dengan berkunjung ke museum," katanya.



Dimuat di MajalahKartini.co.id
LINK : http://majalahkartini.co.id/berita/peristiwa/isi-kegiatan-keluarga-di-akhir-minggu-dengan-pergi-ke-museum

No comments:

Post a Comment