Thursday 23 April 2015

KPAI : Ekspresikan Kelulusan UN Dengan Hal Positif

Komisioner Komisi Pelindungan Anak Indonesia (KPAI) Rita Pranawati mengimbau kepada pihak sekolah untuk mengisi waktu luang mereka dengan kegiatan yang bermanfaat. Ia menilai, sekolah punya peran penting untuk memberi aktivitas positif dan mengedukasi siswanya. Meskipun ada kekosongan waktu setelah melaksanakan UN, sekolah bisa memberikan aktivitas yang positif. Dengan begitu, anak bisa mengekspresikan hobinya di waktu kosongnya itu.

“Tentu tidak sedikit dari mereka yang bingung harus berbuat apa setelah lulus. Untuk itu, sekolah bisa memberikan aktivitas yang positif untuk mengisi waktu mereka. Bisa itu ekspresi seni, olahraga, atau bisa juga memberi persiapan mereka untuk melanjutkan studinya ke perguruan tinggi,” katanya.

Selain itu, orang tua juga memiliki peran penting dalam mengawasi anak-anaknya. Orang tua penting memberikan rambu-rambu mana yang boleh dilakukan atau tidak terhadap anaknya.

“Orang tua punya tanggung jawab penuh terhadap anaknya. Mereka tetap harus mendidik dan mengawasi anaknya. Misalnya anak mau pergi kemana, orang tua harus mengetahuinya,” kata Rita.

Hari ini, beredar di berbagai social media print screen undangan kepada pelajar SMA di Jakarta dan Bekasi untuk merayakan UN dengan pesta bikini di sebuah hotel di Jakarta. Menanggapi kasus itu, Rita mengaku prihatin. Meskipun mereka belum dinyatakan lulus, mereka malah mengekspresikan kesenangannya dengan cara yang salah.

“Kami jelas menyesalkan adanya acara seperti itu. Padahal, mereka semua adalah anak-anak terdidik,” katanya.

“Banyak hal negatif yang bisa muncul dari pesta itu. Bisa paparan pornografi, narkoba, seks bebas dan banyak hal lain,” aku Rita.

Tahun ini, Ujian Nasional (UN) tidak lagi menjadi satu-satunya penentu kelulusan. Banyak faktor yang bisa membuat seseorang dinyatakan lulus atau tidak. Meskipun demikian, banyak anak-anak yang menilai UN sebagai sebuah tekanan. Dari situ, timbulah hasrat untuk meluapkan hal tesebut.



Dimuat di MajalahKartini.co.id
LINK : http://majalahkartini.co.id/berita/peristiwa/kpai-ekspresikan-kelulusan-un-dengan-hal-positif

No comments:

Post a Comment