Saturday 30 March 2013

Mengunggah Kreativitas di Youtube




Tidak ada yang menyangka bahwa video yang diunggah situs video sharing seperti YouTube bisa berdampak besar. Apa yang dilakukan Gamaliel Tapiheru, Audrey Tapiheru, dan Cantika Abigail ini sebenarnya bukan hal baru, yakni menyanyikan ulang lagu populer untuk kemudian diunggah ke YouTube.

Adapun yang berbeda, cover songyang dibawakan trio bernama GAC itu dibawakan dengan sangat baik dan berciri khas. Video-video yang mereka unggah pun menjadi viral, ditonton hingga ratusan ribu kali. Puncaknya pada 2010 GAC dikontrak oleh major labelSony Music Indonesia. Singlepertama mereka, Ingin Putus Saja, dirilis pada 2010.

Disusul kemudian beberapa singlelainnya, seperti Cuma Aku(2011), Akuilah Aku(2012), dan Parampam(2012). Pada 2012 itu pula GAC telah merilis album perdana di bawah label Sony Musik Indonesia yang bertajuk ”Gamaliel Audrey Cantika”. Tidak ada yang menyangka dengan modal video di YouTubeGAC bisa mendapat kontrak major label, manggung di berbagai acara televisi nasional, hingga kontrak iklan.

”Mulanya kami memang kaget dan tidak menyangka sampai ke tahap ini,” sebut Audrey. Meski mengakui apa yang terjadi pada GAC tak lepas dari keberuntungan, Audrey menegaskan bahwa di balik itu ada nilai-nilai seperti kerja keras, komitmen, konsistensi, dan kreativitas. ”Justru halhal seperti itu yang membuat kami tetap eksis,” katanya. Lagu Telephonemilik Lady Gaga yang mereka nyanyikan, misalnya, telah ditonton hampir 1 juta kali.

”Sebenarnya tidak ada trik khusus untuk memancing viewersdan subscribers. Adapun yang kami lakukan sejak 2008 silam (mengunggah video ke YouTube), adalah hobi. Sebuah kegiatan yang kami cintai,” beber Audrey. ”Yang terpenting adalah berusaha menampilkan hal beda,” sebutnya. Selain GAC, Cameo Project adalah kelompok yang mengaku mendapat berkah dari YouTube.

Namun, mereka melakukannya dengan cara berbeda. Dalam kampanye Pilgub Jakarta beberapa waktu lalu, kelompok remaja yang bergelut di dunia fotografi dan perfilman tersebut melakukan kampanye sosial dengan memarodikan lagu untuk mendukung pasangan Jokowi-Basuki. Parodi lagu One Direction yang bertajuk What Makes You Beautifulitu ternyata menjadi viral sehingga mereka dilirik berbagai media massa hingga tampil di layar kaca.

“Mulanya kami memang tidak terlalu tertarik dalam dunia politik,” tutur Public Relations Cameo Project Jeniffer. Adapun yang ingin mereka lakukan, lanjut Jeniffer, sederhana, yakni berusaha mengetuk hati masyarakat Jakarta yang apatis dan tidak peduli lagi dengan pilgub serta siapa yang akan memimpin Jakarta nantinya.

”Dari situ kami memutuskan untuk berbuat sesuatu yang akan menggelitik warga Jakarta agar mereka bisa mencari tahu dan mengenal lebih dekat siapa pasangan calon pemimpin mereka sebelum memilih,” beber Jeniffer. Memarodikan lagu One Direction dan mengunggahnya ke YouTubedianggap cara yang paling tepat. ”Lagunya sedang hits, familier, dan iramanya juga catchy,” beber Jeniffer.

Sebagai situs video sharing, YouTubemilik Googleitu memang dapat digunakan sebagai sarana pemasaran efektif. Hal ini diakui Diajeng Lestari, pendiri dan Managing Director HijUp.com. Saluran YouTube HijUp, misalnya, menawarkan serangkaian video tutorial bagaimana mengenakan busana hijabsecara kreatif. Saat ini saluran YouTube HijUpmemiliki lebih dari 44.000 pelanggan dan lebih dari 9 juta viewssehingga membuat saluran ini sebagai salah satu yang terpopuler di Indonesia “Membuat video sebenarnya tidak sulit.

Kami memiliki partner dengan blogger, make-up artist dari sebuah brand make-uphalal, serta videografer profesional. Tentu saja kami mendapatkan banyak masukan dari pemirsa tentang kualitas video, suara, dan lain-lain. Feedbackinilah yang membantu kami meningkatkan kualitas video,” kata Diajeng. “Menggunakan YouTubesebagai salah satu platform pemasaran sangat cocok karena web toolsseperti ini sangat membantu start-upkami untuk terus berkembang,” tutur Diajeng.  *Deasy Amalia, Anggraeni Widhiasih, Septiarini Puspa Adji, Emilia Nuriana


Dimuat di Koran SINDO Edisi 30 Maret 2013 Halaman 8
LINK: http://www.koran-sindo.com/node/303449

1 comment:

  1. cuyyyy folbek elaahh hahaha ini artikel udh hide di web sindo-_- kampret!

    ReplyDelete