Saturday 25 October 2014

Jeli Menangkap Fenomena Meme




Berawal dari iseng, mahasiswa Universitas Hong Kong Chris Chan ingin membuat sebuah situs dimana pengguna internet bisa berbagi hal-hal yang lucu dan konyol dalam bentuk video ataupun foto. Situs bernama 9GAG itu akhirnya terbentuk pada 2008.

Yang tidak disangka-sangka oleh Chan adalah bagaimana 9GAG berubah menjadi fenomena global. Dalam waktu singkat, situs tersebut sudah mendapat 70 juta kunjungan per bulannya. 9GAG yang kini berkantor di Mountain View, California, itu kini menjadi bagian dari tren yang disebut internet meme. Melalui 9GAG dan situs-situs image board/bulletin board berbasis gambar seperti College Humor ataupun 4Chan, meme menyebar dengan cepat. Bahkan, sampai ke Indonesia.

Meme Comic Indonesia (MCI) dan 1CAK adalah dua situs lokal yang berupaya menjadi media untuk menyebarkan meme buatan lokal, atau meme luar yang diadopsi ke budaya Indonesia.

MCI sudah aktif sejak 2013 melalui fanpage Facebook di facebook.com/meme-comicindonesia. Andre Prodjo, salah satu pencipta MCI, mengatakan mulanya ia dan teman-temannya justru iseng membuat komik. Namun, setelah bergulir ketertarikannya justru beralih ke meme.

"Mulanya kami menerjemahkan beberapa meme ke Bahasa Indonesia. Tapi, selanjutnya kami mulai membuat karakter meme bertema kehidupan sehari-hari yang lebih dekat dengan keseharian masyarakat Indonesia," aku Creative Director Pensil Media tersebut.

Pembuatan meme pun diakui Andre sangat sederhana. Ia beserta beberapa admin MCI seringkali memanfaatkan tokoh masyarakat maupun selebritis yang sedang "berulah" atau memang punya ciri khas yang "empuk" untuk dijadikan hiburan.

"Hanya butuh kejelian dalam menangkap fenomena nyleneh dan berkembang di masyarakat. Temanya tidak terbatas pada percintaan, galau, atau kejadian lucu, tapi juga bisa politik," ujarnya. Nah setelah itu, tema yang ada tersebut lantas diungkapkan secara satir dengan bantuan karakter visual yang tersedia di dunia maya.

Ini yang membedakan antara komik dengan meme. Secara harfiah, menurut Andre, meme adalah sebuah ide yang disampaikan secara berbeda walau punya format awal sama. "Meme juga dirancang dalam bentuk mudah dan sederhana. Sehingga siapa pun bisa membuat tanpa punya kemampuan artistik atau keahlian menggunakan softwareediting gambar," katanya.

Selain aktif di Facebook, MCI kerap aktif di Twitter bernama @idmci yang lebih menojolkan satir berbentuk tulisan. Tidak lama lagi, MCI juga akan melebarkan sayapnya ke dalam portal website di www.memecomicid. com.

Berbeda dengan MCI yang memulai langkahnya lewat Facebook, portal meme lokal 1CAK yang sepintas mirip dengan 9GAG ini berisi berbagai meme buatan lokal. Pendiri 1CAK Aji Ramadhan membangun situs tersebut pada pertengahan Februari 2012. Menurutnya, ia terinspirasi dari berbagai portal meme yang ada di luar negeri, seperti 4chan, Reddit, Imgur, Memecenter, hingga 9GAG.

"Yang berbeda, konten yang dimuat di 1CAK lebih bernuansa lokal. Intinya sih, membuat situs hiburan yang simple dan fun," kata Aji. Selain konten meme berupa foto, 1CAK juga menyediakan konten video yang dapat juga dilihat di situs www.1CAK.tv. Menurut Aji, 1CAK merupakan user generated content, sehingga meme atau konten dibuat oleh pengguna. Istilahnya, Aji hanya menyediakan "lapak saja".

Siapapun bisa menjadi obyek meme. Tak jarang MCI dan 1CAK sering mendapat protes terhadap meme yang sifatnya sensitif. Meski demikian, banyak pengguna internet, selebritis, dan media massa yang turut menghargai visi MCI untuk menghibur. Seperti diungkapkan oleh Aji Ramadhan."Tanggapan pengujung tentu ada yang negatif. Namun sejauh ini lebih banyak yang menanggapi dengan positif karena kami memang memberikan hiburan," terangnya.



Diterbitkan di KORAN SINDO pada 25 Oktober 2014
LINK: http://www.koran-sindo.com/read/915217/149/jeli-menangkap-fenomena

No comments:

Post a Comment